SEJARAH PERADABAN ISLAM DI INDONESIA
Sunday, 31 March 2013
Add Comment
TRADISI PELAKSANAAN AQIQAH DI INDONESIA
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG.
Saat
ini masyarakat Indonesia sudah mulai menyadari
makna Aqiqah bahwa Aqiqah tidak hanya untuk bayi. Banyak orang dewasa yang
mengaqikahkah diri mereka sendiri, bahkan ada juga yang mengaqikahkan orang tua
mereka. Kebanyakan orang tua mereka dulu belum memahami Islam atau berada dalam
kondisi ekonomi yang kurang memungkinkan untuk Aqiqah. Kesadaran ini membuat
masyarakat senantiasa berbagi, salah satunya dengan Aqiqah. Karena beberapa
orang mungkin menganggap bahwa jika saat berumur 7, 14 atau 21 hari orang tua
tidak meng-aqiqah kan maka ‘penebusan’ diri kita dengan sendirinya terhapus
karena sudah melewati masa Aqiqah yang disunnahkan. Berikut akan di bahas di makalah ini tentang pentingnya
aqiqah untuk kaum islam .
B. PERMASALAHAN
1. Sejarah asal usul
Aqiqah.
2. Hukum Aqiqah
3. Tradisi
pelaksanaan Aqiqah di Indonesia.
4. Manfaat pelaksanaan Aqiqah.
BAB
II
PEMBAHASAN
1. PENGERTIAN
AQIQAH.
Kata
Aqiqah berasal dari kata Al-Aqqu yang berarti memotong (Al-Qoth’u).
Al-Ashmu’I berpendapat: Aqiqah asalnya adalah rambut di kepala anak yang
baru lahir. Kambing yang dipotong disebut aqiqah karena rambut anak
tersebut dipotong ketika kambing itu disembelih.
Pengertian
Aqiqah dari segi bahasa:
Aqiqah
menurut bahasa ertinya “rambut yang tumbuh di atas kepala bayi yang dibawanya
waktu lahir.” Demikian pendapat ‘Ubaid, Ashmu’i dan Zamakhsyari.
Antara
definisi lain;
Aqiqah
menurut bahasa ertinya `memotong’ . Pada asalnya ialah rambut yang terdapat
pada kepala bayi ketika bayi tersebut keluar dari rahim ibunya, rambut itu
dinamakan dengan aqiqah kerana ianya harus dipotong ( dicukur ).
Menurut
Istilah pula aqiqah ialah Hewan yang disembelih karena bayi atau untuk bayi yang
dilahirkan. Dinamakan sembelihan itu dengan aqiqah adalah karena hewan tersebut disembelih pada hari
mencukur rambut kepala bayi itu.
Pengertian
Aqiqah Menurut Syara`:
Menurut
istilah hukum syara’, aqiqah ialah “penyembelihan hewan tertentu untuk kepentingan anak,
disamping mencukur atau memotong rambutnya dan diberi nama untuk anak itu.”
Antara
pengertian lain;
Aqiqah
dalam pengertian syara` ialah binatang ternakan yang berkaki empat (bahimatul
an`am) yang disembelih ketika hendak mencukur rambut kepala anak yang baru
dilahirkan, sama ada disembelih pada hari ketujuh atau selepasnya.
Dalam
bahasa Arab, kata bahimatul an’aam (binatang ternakan) adalah termasuk unta,
lembu, kerbau,biri-biri,kibas dan kambing, bukan yang lain. [Al Jabari, 199
2. SEJARAH
ASAL-USUL IBADAH AQIQAH
Diriwayatkan
oleh Buraidah bahawa ” Pada zaman Jahiliyyah, apabila kami mendapat seorang
anak lelaki, maka kami menyembelih seekor kambing, maka kami mencukur kepala
bayi tersebut, lalu kepalanya kami sapu dengan darah kambing yang disembelih
itu”.Menurut riwayat Ibnu Sakan pula ” Orang-orang Jahiliyyah meletakkan kapas
yang telah dicelup dengan darah aqiqah lalu kapas yang penuh dengan darah
tersebut disapu ke ubun-ubun bayi yang baru saja dilahirkan itu.
Setelah
datangnya Islam, perkara itu tidak dibenarkan oleh Rasullullah s.a.w. Baginda
saw menyuruh menggantikannya dengan meletakkan haruman kasturi pada kepala bayi
yang baru dilahirkan itu.
3. HUKUM
AQIQAH
Hukum
melakukan aqiqah itu adalah sunat mu’akkadah iaitu sunat yang sangat digalakkan
oleh Islam. Sebagaimana perbuatan Nabi Muhammad saw ketika Baginda mengaqiqahkan
cucundanya Hassan dan Hussain alaihimassalam. Ianya bukanlah perkara yang wajib
dilakukan kerana hal ini pernah ditanyakan kepada Rasulullah Shallallahu
`alaihi wasallam, lalu Baginda saw bersabda yang maksudnya :
“Allah
tidak menyukai kederhakaan, seolah-olah Baginda tidak suka menyebut nama itu
(aqiqah). Baginda bersabda: “Barang siapa yang dikurniakan baginya anak, lalu
dia ingin menyembelihkan untuk anaknya maka sembelihlah untuk anak lelaki dua
ekor kambing yang sama keadaannya dan bagi anak perempuan seekor kambing.”
[HR.
Abu Daud]
Maksud
hadis daripada perkataan (“suka atau ingin” menyembelihkan untuk anaknya) itu
menunjukkan tidak wajib melakukan aqiqah, melainkan jika aqiqah itu dinazarkan
barulah ianya dipanggil aqiqah wajib.
Imam
Syafi’e berpendapat melaksanakan aqiqah adalah sunat muakkad.
Sabda
Rasulullah s.a.w. yang bermaksud;
“Berserta
anak itu ada aqiqah, maka alirkanlah darah untuknya, dan singkirkanlah sesuatu
yang membahayakan daripadanya.” [HR. Tirmizi]
“Seorang
anak terikat dengan aqiqahnya yang disembelih pada hari ke tujuh, dan dicukur
serta diberi nama.” [HR. Ahmad dan Tirmizi]
Rasulullah
s.a.w. bersabda : ” Sesungguhnya Rasulullah s.a.w menuntut untuk dinamakan anak
(yang baru lahir) pada hari ketujuh, dicukur rambutnya dan diaqiqahkannya.”
[HR. Riwayat Tirmizi]
Imam
Malik menyatakan bahawa, hukum aqiqah ini adalah perintah yang tidak dapat
diperselisihkan lagi.
4. JENIS
HEWAN DAN KADAR AQIQAH
Hewan yang digunakan untuk perlaksanaan
ibadah aqiqah perlu memenuhi syarat-syarat yang serupa dengan hewan untuk ibadah korban.
1.
Kambing, biri-biri dan kibas – melebihi satu tahun
2.
Lembu dan Kerbau- melebihi dua tahun
3.
Unta- melebihi lima tahun
Hewan-hewan ini hendaklah terdiri daripada hewan ternak(Bahimatul An’aam)-yang
mempunyai empat kaki- dalam keadaan tidak cacat, tidak buta, tidak bunting dan
tidak terlalu kurus.
Menurut
Imam Malik,Asy-Syafi’e,Ahmad dan jumhur ulama’ , bahawa aqiqah adalah sah
dengan penyembelihan hewan
empat kaki(Bahimatul An-`aam) seperti unta, lembu, kerbau, kambing dan
biri-biri dan kibas (sama seperti ibadah korban). Pelaksanaan penyembelihan hewan tersebut di dalam ibadah aqiqah
juga mempunyai syarat-syarat tertentu seperti berikut;
1.
Unta berumur 5 tahun dan masuk tahun ke 6.
2.
Lembu atau kerbau berumur 2 tahun masuk tahun ke 3.
3.
Kambing atau biri-biri berumur 2 tahun atau telah bersalin gigi.
4.
Kibas berumur 1 tahun atau telah bersalin gigi.
5.
Hewan tersebut juga
disyaratkan tidak cacat.
Manakala,rusa,
kijang dan kancil tidak termasuk dalam kategori Bahimatul An’aam.Maka
ketiga-tiga haiwan tersebut(rusa,kijang dan kancil) tidak dibolehkan untuk
dijadikan sebagai haiwan aqiqah.
Yang
lebih utama(Afdhal) untuk kadar aqiqah bagi seorang anak lelaki ialah 2 ekor
kambing dan untuk anak perempuan seekor kambing, kerana ada hadis riwayat
Aisyah yang maksudnya:
“Rasullulah s.a.w. memerintahkan kepada kami supaya menyembelih aqiqah untuk anak lelaki dengan dua ekor kambing dan untuk perempuan seekor.”
“Rasullulah s.a.w. memerintahkan kepada kami supaya menyembelih aqiqah untuk anak lelaki dengan dua ekor kambing dan untuk perempuan seekor.”
Perlaksanaan
ibadah aqiqah dianjurkan baik untuk anak lelaki mahupun anak perempuan,
sebagaimana hadis Rasulullah s.a.w. yang bemaksud;
” Anak lelaki diaqiqahkan dengan dua ekor kambing dan anak perempuan diaqiqahkan dengan seekor kambing.” [HR. Ahmad & Tirmizi].
” Anak lelaki diaqiqahkan dengan dua ekor kambing dan anak perempuan diaqiqahkan dengan seekor kambing.” [HR. Ahmad & Tirmizi].
Rasulullah
bersabda; ” Rasulullah s.a.w telah memerintahkan kepada kami untuk
mengaqiqahkan anak lelaki dengan dua ekor kambing dan anak perempuan dengan
satu ekor kambing.” [HR. Ibnu Abi Syaiban].
Hadis
di atas secara keseluruhannya menunjukkan dua perkara;
Pertama;
baik anak lelaki maupun perempuan, sama-sama syariatkan supaya dilaksanakan
aqiqah.
Kedua;
perbedaan bahawa anak lelaki
dengan 2 ekor kambing sedangkan anak perempuan dengan satu ekor kambing.
Walaupun,anak lelaki sebaik-baiknya(afdhal)
diaqiqahkan dengan 2 ekor kambing,manakala anak perempuan seekor kambing. Akan tetapi seekor kambing
sudah memadai bagi tujuan menunaikan tuntutan ibadah aqiqah tersebut, ini kerena Rasulullah s.a.w. sendiri
melaksanakan aqiqah untuk cucu baginda dengan seekor kambing saja.
Dalam
sebuah hadis diriwayatkan; ” Bahawa Rasulullah s.a.w telah mengaqiqah Hassan
dan Hussain dengan satu ekor biri-biri.” [HR. Abu Daud].
Aqiqah
dua ekor kambing bagi anak lelaki ini bukanlah merupakan suatu kemestian,
kerana Rasulullah s.a.w telah membuat aqiqah Hasan dan Husin, masing-masing
seekor kibas.
Hewan aqiqah seperti lembu, kerbau dan unta boleh dibagi sehingga 7 bagian bersamaan 7 ekor kambing.
Apabila
ibu bapa itu tidak mampu membuat aqiqah anaknya, ketika berusia 7 hari,
bolehlah diperbuatnya ketika umur anak 14 hari. Kemudiannya ketika umur 21
hari. Jika tidak boleh, maka sunat diperbuatnya hingga anak itu dewasa
(baligh).
Dalam
menentukan waktu yang terbaik untuk seseorang itu melaksanakan aqiqah, kita
perhatikan pandangan Imam Ahmad ibn Hanbal yang menyatakan bahawa penyembelihan
aqiqah dilaksanakan pada hari ketujuh, jika tidak dapat maka pada hari keempat
belas, jika tidak dapat juga maka lakukanlah pada hari kedua puluh satu. Adapun
jika pada hari-hari tersebut tidak dapat dilaksanakan kerana tidak
berkemampuan, maka penyembelihan boleh dilakukan pada hari-hari lain yang
memungkinkannya melaksanakan aqiqah tersebut.
Rasulullah
s.a.w bersabda; ” Seorang anak terikat dengan aqiqahnya yang disembelih pada
hari ketujuh, dan dicukur serta diberi nama.” [HR. Ahmad dan Tirmizi].
Dalam
pelaksanaan aqiqah disunahkan untuk memotong dua ekor kambing yang
seimbang untuk anak laki-laki dan satu ekor untuk anak perempuan. Dari
Ummi Kurz Al-Kabiyyah Ra, ia berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW
bersabda: “Bagi anak laki-laki dua ekor kambing yang sama, sedangkan bagi
anak perempuan satu ekor kambing”. (HR. Tirmidzy dan Ahmad)
Pelaksanaan
aqiqah menurut kesepakatan para ulama adalah hari ketujuh dari kelahiran.
Hal ini berdasarkan hadits Samirah di mana Nabi SAW bersabda, ”Seorang
anak terikat dengan aqiqahnya. Ia disembelihkan aqiqah pada hari ketujuh
dan diberi nama”. (HR. al-Tirmidzi).
Namun
demikian, apabila terlewat dan tidak bisa dilaksanakan pada hari ketujuh, ia
bisa dilaksanakan pada hari ke-14. Dan jika tidak juga, maka pada hari ke-21
atau kapan saja ia mampu. Imam Malik berkata : Pada dzohirnya bahwa
keterikatannya pada hari ke 7 (tujuh) atas dasar anjuran, maka sekiranya
menyembelih pada hari ke 4 (empat) ke 8 (delapan), ke 10 (sepuluh) atau
setelahnya Aqiqah itu telah cukup. Karena prinsip ajaran Islam adalah
memudahkan bukan menyulitkan sebagaimana firman Allah SWT : “Allah menghendaki
kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran bagimu”. (QS.Al Baqarah:185)
Subhanallah…
saat ini masyarakat sudah mulai menyadari makna Aqiqah bahwa Aqiqah tidak hanya
untuk bayi. Banyak orang dewasa yang mengaqikahkah diri mereka sendiri, bahkan
ada juga yang mengaqikahkan orang tua mereka. Kebanyakan orang tua mereka dulu
belum memahami Islam atau berada dalam kondisi ekonomi yang kurang memungkinkan
untuk Aqiqah. Kesadaran ini membuat masyarakat senantiasa berbagi, salah
satunya dengan Aqiqah. Karena beberapa orang mungkin menganggap bahwa jika saat
berumur 7, 14 atau 21 hari orang tua tidak meng-aqiqah kan maka ‘penebusan’
diri kita dengan sendirinya terhapus karena sudah melewati masa Aqiqah yang
disunnahkan.
Satu
ketika al-Maimuni bertanya kepada Imam Ahmad, “ada orang yang belum diaqiqahi
apakah ketika besar ia boleh mengaqiqahi dirinya sendiri?” Imam Ahmad menjawab,
“Menurutku, jika ia belum diaqiqahi ketika kecil, maka lebih baik melakukannya
sendiri saat dewasa. Aku tidak menganggapnya makruh”.
5. PELAKSANAAN
RITUAL AQIQAH.
Dalam menghadapi perubahan-perubahan kehidupan dunia
yang demikian pesat, tidak hanya kita yang perlu mempersiapkan bekal
mental-spiritual, agar tidak tergelincir dalam dosa dan kebutaan hati,
lebih-lebih lagi adalah generasi yang lebih muda, yang akan menghadapi
perubahan-perubahan yang lebih cepat lagi. Pendidikan, pengajaran dan praktek
agama yang mengisi rohani dapat kita rasakan pentingnya. Untuk itu
ajaran-ajaran Islam telah mempersiapkan berbagai perangkat, di antaranya adalah
pendidikan dan praktek agama sejak bayi dilahirkan.
1. Seorang calon ayah atau ibu amat was-was menunggu
kelahiran bayinya. Pada sat-saat seperti itu mereka berdoa sebagaimana Nabi
Zakaria (Ali Imran 38) “Tuhanku, karuniakanlah kepadaku dari sisi-Mu keturunan
yang baik. Sungguh Engkau Maha Mendengar permohonan.”
2. Dan saat tiba waktunya sang bayi lahir, terurailah
senyum tawa, menyaksikan sang bayi yang lucu, yang baru lahir dan ibu bayi yang
selamat. Tak lupa diucapkan “alhamdulillah” sebagai rasa syukur ke hadirat
Allah.
3. Sejak saat itu pendidikan dan praktek agama bagi
sang bayi dimulai. Dengan penuh sigap sang ayah mengumandangkan azan di telinga
kanan dan iqamah (qamat) di telinga kiri. Agar kalimat-kalimat tauhidlah yang
pertama-tama ia dengar, sehingga pada akhir hayatnya kalimat kalimat itu
pulalah yang akan ia dengar dan ia ucapkan.
4. Pada hari ketujuh sebagai ungkapan rasa syukur dan
sebagai bekal bagi sang bayi dilaksanakan upacara “aqiqah”. Ia merupakan
kesaksian dari anggota masyarakat atas kehadirannya dan penerimaan mereka. Ia
merupakan isyarat dan harapan bahwa sang bayi nantinya siap untuk berkorban dan
memberi manfaat bagi masyarakatnya.
Upacara “aqiqah” sebagaimana disabdakan oleh
Rasulullah saw yang artinya: “Setiap anak tergadai pada aqiqahnya, dilakukan
dengan menyembelih (ternak) pada hari ke tujuh, diberikan namanya dan dipotong
rambutnya.”
Kata “aqiqah” berarti memotong, karena pada saat itu
dipotong ternak untuk jamuan dan dipotong rambut sang bayi. Hukum melaksanakan
“aqiqah” adalah sunnah muakkadah, atau sunnah yang kuat. Kata tergadai dalam
hadits tadi diartikan oleh Imam Ahmad bin Hambal sebagai, “orangtua tidak mendapatkan
syafaat dari anaknya sampai dilaksanakan “aqiqah” untuknya”. Sehingga upacara
“aqiqah” menurut para ulama dapat dilaksanakan sampai anak menjadi besar atau
baligh.
Jumlah ternak yang dipotong, dua ekor kambing untuk
anak laki-laki dan seekor untuk anak perempuan. Kambing yang sudah berumur
setahun, yang sehat, yang tidak cacat, dengan harapan agar sang anak sehat dan
tidak cacat, dan diniatkan dipotong untuk kurban sang bayi. Daging kambing
disunnahkan untuk dimasak dengan dicampur bumbu yang manis, dengan harapan sang
anak tumbuh dengan akhlaq yang elok. Lalu dihidangkan kepada para undangan.
Hanya bagian kakinya, disunnahkan untuk diberikan pada sang bidan yang ikut
melahirkan sang anak.
Rambut sang bayi dipotong gundul dan disunnahkan untuk
memberikan sedekah seberat timbangan rambut tadi dengan emas atau perak. Sang
bayi juga diberi makanan yang manis, kurma yang dihaluskan, dengan harapan akan
menjadi anak yang manis dan generasi penerus yang melaksanakan kebajikan.
5. Sang bayi juga diberi nama yang baik. Dalam sebuah
hadits disebutkan:
“Merupakan sebagian dari hak seorang anak atas orangtuanya adalah mendidiknya dengan baik dan memberikan nama yang baik.”
“Merupakan sebagian dari hak seorang anak atas orangtuanya adalah mendidiknya dengan baik dan memberikan nama yang baik.”
Perlu kami garis bawahi di sini tentang pemberian
nama. Nama yang terbaik bagi seorang bayi laki-laki adalah Abdullah dan
Abdurrahman. Setelah itu nama para rasul, nabi, malaikat, orang-orang yang
salih dan yang memiliki arti yang baik. Semua itu dengan harapan bahwa sang
bayi nantinya akan tumbuh dengan menjadikan namanya sebagai referensi. Kalau
namanya Abdullah, maka ketika ia hendak berbuat tak baik, dan tak sengaja
dipanggil, ia akan teringat peraturan-peraturan Allah, dan tak jadi berbuat
aniaya. Dan begitulah seterusnya.
Pada masa ini, banyak orangtua yang melupakan
kewajiban ini, yang merupakan hak dari sang anak. Diambilnya nama dengan tidak
memakai referensi “shalih”. Bahkan sebagian memberi nama anaknya mengikuti
kemarahan hatinya. Maka tidaklah juga dapat disalahkan sang anak ketika besar
bukan referensi “shalih” yang digunakan. Karena sang anak tidak mendapatkan
haknya, maka lupalah ia akan kewajibannya. Pada akhirnya orangtualah yang
kewalahan
C.
Pendapat Para Fuqaha Tentang Disyari’atkannya Aqiqah
Ada tiga pendapat para ahli fiqih dan imam mujtahid
tentang disyari’atkannya aqiqah:
Pertama: Mereka
yang berpendapat disunatkan dan dianjurkan, yaitu Imam Malik, penduduk Madinah,
Imam Syafi’i dan sahabat-sahabatnya, Imam Ahmad, Ishaq, Abu Tsaur dan sebagian
besar ahli fiqih, ilmu dan ijtihad. Mereka berargumantasi dengan hadits-hadits
yang telah disebutkan. Mereka juga menolak pendapat orang-orang yang
berpendapat bahwa aqiqah itu wajib dengan ungkapan sebagai berikut:
Jika aqiqah itu wajib, tentu kewajibannya akan diketahui
dalam ad-din. Sebab, ini merupakan tuntutan. Dan tentu Rasulullah saw, akan
menjelaskan wajibnya kepada umat dengan suatu keterangan yang diperkuat dengan
hujjah.
Rasulullah saw, telah menggarisbawahi persoalan aqiqah
ini dengan kesukaan orang yang melakukannya. Beliau
bersabda:
مَن وُلِدَ لَهُ
وَلَدٌ فَاَ حَبَّ اَيُنسَكَ عَنهُ فَل يَفعَل
Barang
siapa yang dikaruniai seorang anak, lalu ia menyukai untuk membaktikannya (mengaqiqahinya), maka hendaklah ia
melalukannya.
Perbuatan Rasulullah saw, di dalam persoalan aqiqah ini
tidak menunjukan hukum wajib. Tetapi menunjukan suatu anjuran.
Kedua:
Pendapat yang mengatakan bahwa aqiqah itu diwajibkan. Mereka adalah Imam
Al-Hasan Al-Bashri, Al-Lits Ibnu Sa’ad dan lain-lain. Mereka berargumentasi
dengan hadits yang diriwayatkan Muraidah dan Ishaq bin Ruhawiah:
أَنَّ النَّاسَ يُعرَضُونَ يَومَ القِيَا مَةِ عَلىَ العَقِيقَةِ كَمَا
يُعرَضُو نَ عَلَى الصَّلَوَا تِ الخَمسِ
Sesungguhnya manusia pada hari kiamat nanti akan
dimintakan pertanggungjawabannya atas aqiqah, sebagaimana akan dimintai
pertanggungjawabannya atas shalat-shalat lima waktu.
Wajah istidlal-nya (pengambilan dalilnya) adalah,
bahwa anak itu tidak akan dapat memberikan syafa’at kepada kedua orang
tuanya sebelum di aqiqahi. Inilah yang menguatkan kewajibannya.
Ketiga, pendapat
yang menolak bahwa aqiqah itu disyariatkan. Mereka adalah para ahli fiqih Hanafiyyah. Argumentasi yang dikemukakan adalah hadits
yang diriwayatkan Al-Baihaqi dari Amr bin Syu’aib dari bapaknya dari kakeknya
bahwa Rasulullah saw, ditanya tentang aqiqah, beliau menjawab:
كُلُّ غُلاَ مٍ مُر تَهَنٌ بِعَقِيقَتِهِ
Aku tidak menyukai aqiqah-aqiqah.
Mereka juga berargumentasi dengan hadits yang
diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Abi Rafi’ ra, bahwa ketika ibu Al-Hasan bin
Ali’, Fatimah ra, ingin mengaqiqahinya dengan dua biri-biri, Rasulullah saw,
bersabda:
لاَ تُعَقّى وَلكِن أحلِقِى رَأسَهُ, فَتَصَدَّقِى بِوَزنِهِ مِنَ الوَرَقِ,-
اَى مِنَ الفِضَّةِ- ثُمَّ وُلِدَ- ثُمَّ وُلِدَ حُسَينٌ, فَصَنَعتُ مِثلُ ذ
لِكَ.
Janganlah engkau mengaqiqahinya, tetapi cukurlah rambut
kepalanya dan bersedekahlah dengan perak sebanyak berat timbangan rambutnya
itu. Kemudian dilahirkanlah Husain dan ia melakukan seperti itu.
Kebanyakan ahli fiqih, ilmu dan ijtihad, bahwa zhahir
hadits-hadits yang telah disebutkan tadi menguatkan segi disunatkan dan dan
dianjurkannya aqiqah.
Mereka telah menjawab hadits-hadits yang dijadikan
sebagai argumentasi para ahli fiqih Hanafiyyah tentang penolakan mereka
terhadap disyariatkannya aqiqah. Mereka mengatakan bahwa hadits-hadits yang
dijadikan argumentasi itu tidak berarti apa-apa dan tidak sah untuk dijadikan
sebagai dalil terhadap penolakan disyariatkannya aqiqah. Akan halnya Amr bin
Syu’aib dari bapaknya dari kakeknya bahwa Rasulullah saw, pernah bersabda, “Aku
tidak menyukai aqiqah-aqiqah”, maka siyaqu I-hadits (susunan katanya) dan
sebab-sebab keluar hadits itu menunjukan bahwa aqiqah adalah sunat dan
dianjurkan. Lafazh hadits itu sebenarnya adalah demikian: Rasulullah saw,
ditanya tentang aqiqah. Beliau menjawab, “Aku tidak menyukai aqiqah-aqiqah”.
Seakan-akan beliau tidak menyukai nama, yakni dinamakannya sesembelihan
dengan aqiqah.[1] Mereka
berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami hanya bertanya tentang salah seorang
diantara kami yang dikaruniai seorang anak”. Beliau bersabda, “Barang siapa
diantara kamu menyukai untuk membaktikan (mengaqiqahi) anaknya, maka hendaklah
ia melalukannya. Bagi anak laki-laki dua ekor kambing yang mencukupi dan bagi
anak perempuan satu ekor kambing”.
Adapun istidlal mereka dengan hadits Abu Rafi’,
“Janganlah engkau mengaqiqahinya, tetapi cukurlah rambut kepalanya . . .”,
tidaklah menunjukan dimakruhkannya aqiqah. Sebab, Rasulullah saw, tidak suka
membebani Fatimah ra, dengan aqiqah, sehingga beliau bersabda, “Janganlah
engkau mengaqiqahinya . . .” dan beliau telah mengaqiqahi mereka berdua
(Al-Hasan dan Al-Husain). Maka
sudah cukup bagi Fatimah untuk menyajikan makanan-makanan saja. Di antara
hadits-hadits yang menguatkan bahwa Rasulullah saw telah mengaqiqahi mereka
berdua adalah sebagai berikut:
Abu Daud meriwayatkan dari Ayyub dari Ikrimah dari Ibnu
Abbas ra:
أَ نَّ رَسُو لُ ا للّهِ صَلَّى ا للّهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ عَقَّ عَنِ ا
لحُسنِ وَا لحُسَينِ كَبشًا كَبشًا.
Bahwa
sesungguhnya Rasulullah saw, telah mengaqiqahi Al-Hasan dan Al-Husain satu
kambing satu kambing.
Jarir bin Hazim telah menceritakan dari Qatadah dari
Anas:
أَنَّ النَّبِىَّ صَلَّ ا للّهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ عَقَّ عَنِ ا لحَسَنِ وَا
لحُسَينِ كَبشَينِ.
Bahwa
sesungguhnya Rasulullah saw, telah mengaqiqahi Al-Hasan dan Al-Husain dua
kambing.
Yahya bin Sa’id telah menceritakan dari Amirah dari
Aisyah bahwasanya ia berkata:
عَقَّ رَسُولُ ا للّهِ صَلَّى ا للّهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ عَنِ الحَسَنِ وَا
لحُسَينِ يَومَ ا لسّابِعِ.
Rasulullah
saw, telah mengaqiqahi Al-Hasan dan Al-Husain pada hari ketujuh (dari kelahiran
mereka).
Ringkasnya, mengaqiqahi anak itu adalah sunat dan
dianjurkan. Ini menurut kebanyakan imam dan ahli fiqih. Oleh karena itu
hendaklah orang tua melakukannya, jika memang memungkinkan dan mampu
menghidupkan sunnah Rasulullah saw ini. Sehingga ia menerima keutamaan dan
pahala dari sisi Allah swt, dapat menambah makna kasih sayang, kecintaan dan
mempererat tali ikatan sosial antara kaum kerabat dan keluarga, tetangga dan
handai taulan, yaitu ketika mereka menghadiri walimah aqiqah itu, sehingga rasa
turut merasakan kebahagiaan atas lahir dan hadirnya sang anak. Di samping itu
ia dapat mewujudkan sumbangan jaminan sosial, yaitu ketika sebagian kaum fakir
miskin turut mengambil bagian di dalam aqiqah itu.
Alangkah agung dan luhurnya Islam serta dasar-dasar
syariat di dalam menanamkan rasa kasih sayang dan kecintaan di dalam
masyarakat, termasuk di dalam membina keadilan sosial dalam kelas-kelas
masyarakat miskin.
C. Waktu Yang Dianjurkan Melaksanakan Aqiqah
Di dalam hadis Samurah disebutkan:
اَلْغُلاَمُ
مُرْتَهَنٌ بِعَقِيْقَتِهِ، تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ السَّابِعِ وَ يُسَمَّى.
“Anak itu digadaikan dengan aqiqahnya. Disembelihkan
(binatang) baginya pada hari ketujuh (dari kelahirannya)
dan diberi nama.”
Hadis ini menunjukan, bahwa waktu
yang dianjurkan untuk melaksanakan aqiqah adalah hari ketujuh dari
kelahirannya. Tetapi ada pula pendapat yang menyatakan, bahwa penetapan hari
ketujuh itu bukan merupakan suatu anjuran. Jika diaqiqahi pada hari keempat,
kedelapan, kesepuluh atau setelah itu, maka aqiqah itu pun telah cukup.
Imam Malik berkata:
Pada lahirnya, penetapan hari ketujuh itu hanya bersifat
anjuran. Sekiranya menyembelihnya pada hari keempat, kedelapan atau kesepuluh
atau setelahnya, aqiqah itu telah cukup. Artinya, jika seorang bapak merasa
mampu menyembelih aqiqah pada hari ketujuh, maka hal itu lebih utama, sesuai
dengan perbuatan Nabi Saw. Namun jika hal itu terasa menyulitkan, maka
diperbolehkan untuk melaksanakannya pada hari berapa saja sebagaimana pendapat
Imam Malik.Dengan demikian , maka dalam perintah menyembelih aqiqah ini
terdapat kelonggaran waktu dan kemudahan.
يُرِيْدُ اللهُ
بِكُمُ الْيُسْرَ وَلاَ يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْر
“Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak
menghendaki kesukaran bagimu.”(Al Baqarah:185)
D. Hukum Umum Yang Berkenaan dengan Aqiqah
Ada beberapa hukum umum yang berkaitan dengan masalah aqiqah
yang harus diperhatikan:
a. Para ulama sepakat, bahwa semua hal yang dibolehkan di dalam aqiqah adalah
juga hal yang diperbolehkan di dalam kurban. Adapun hal-hal yang diperbolehkan
di dalam aqiqah adalah sebagai berikut:
1) Hendaknya binatang itu berumur satu tahun lebih atau memasuki dua tahun,
jika binatang itu biri-biri atau kambing.
2) Hendaknya binatang sembelihan itu tidak cacat.
3) Sapi atau kerbau, tidak sah kecuali sudah mencapai umur dua tahun dan
memasuki tahun ketiga.
b. Tidak boleh kooperatif, misalnya tujuh orang bergabung
untuk melaksanakan aqiqah.
c. Sebagai ganti kambing, boleh menyembelih unta atau sapi. Argumentasi
orang yang membolehkan
aqiqah dengan unta atau sapi adalah hadis riwayat Ibnul-Mundzir dari Nabi Saw, bahwa beliau bersabda:
مَعَ الْغُلاَمِ
عَقِيْقَةٌ، فَاهْرِيْقُوْا عَنْهُ دَمًا
“Anak itu harus diaqiqahi.Maka alirkanlah darah
untuknhya.”
d. Diperbolehkan mengadakan pesta aqiqah dengan mengundang orang-orang lain
yang dikehendaki untuk makan bersama.
e. Dianjurkan, agar aqiqah itu disembelih atas nama anak yang dilahirkan. Diriwayatkan
oleh Ibnul-Mundzir dari Aisyah ra. Bahwa Nabi Saw. Bersabda,”Sembelihan atas
namanya (anak yang dilahirkan) dan ucapkanlah,’Dengan menyebut nama Allah. Ya
Allah, bagi-Mulah dan kepada-Mulah kupersembahkan aqiqah si Fulan ini.”
BAB III
KESIMPULAN
Hikmah yang dapat diambil dari Aqiqah
Aqiqah itu merupakan suatu pengorbanan yang akan
mendekatkan anak kepada Allah pada awal menghirup udara kehidupan.
Suatu penebusan bagi anak dari berbagai musibah dan
kehancuran.
Bayaran utang anak untuk memberikan syafa’at
kepada orang tuanya.
Sebagai media menampakkan rasa gembira dengan
melaksanakan syariat islam dan bertambahnya keturunan mukmin yang
akan memperbanyak umat Rasulullah Saw, pada hari kiamat.
Dapat memberikan sumber jaminan sosial dan
menghapus gejala kemiskinan di dalam masyarakat.
DAFTAR PUSTAKA
1.
http://www.almeshkat.net/books/archive/books/sheh%20almuhalh.zip
2.
http://www.almeshkat.net/books/archive/books/fath%20alaziz.zip
3.
http://www.waqfeya.net
4.
http://www.alsunnah.com
[1] Dari zhahir hadits ini, segolongan fuqaha
menganbil dalil bahwa kata-kata aqiqah itu diganti dengan nasikah, karena
Rasulullah saw, tidak menyukai nama aqiqah. Segolongan lain mengatakan bahwa
beliau tidak membenci nama itu, dan mereka berpendapat bahwa hal itu adalah
mubah, karena banyak hadits menamakan sembelihan itu dengan aqiqah.
Perpaduan antara kedua pendapat diatas, bahwa
hendaknya seorang Muslim hendaknya menggunakan kata-kata nasikah dan
menjadikannya sebagai asal. Jika pada suatu ketika, ia menggunakan nama aqiqah
untuk menjelaskan hukum dan menerangkan maksud, maka hal itu dibolehkan. Di
sinilah terdapat titik temu hadits-hadits itu.
0 Response to "SEJARAH PERADABAN ISLAM DI INDONESIA"
Post a Comment