MODEL PEMBELAJARAN PAKEM
Wednesday, 15 June 2011
Add Comment
Model Pembelajaran Pakem
Pakem dalam arti suatu model pembelajaran adalah Pembelajaran Aktif Kreatif dan Menyenangkan. Dalam kegiatan pembelajaran dengan model Pakem siswa dapat belajar dengan menyenangkan. Model pembelajaran Pekem terdapat empat unsur di dalamnya antara lain :
1. Aktif.
Belajar merupakan suatu proses aktif dalam membangun makna/pemahaman dari informasi & pengalaman oleh si pembelajar.
2. Kreatif.
Proses pembelajaran harus dapat menumbuhkan sikap kreatif pada diri anak. Anak dilahirkan memiliki rasa ingin tahu dan imajinasi.
4 Efektif.
Pembelajaran dilaksanakan memiliki tujuan yang harus dicapai. Untuk mencapai tujuan tersebut salah satu faktor yang menentukan adalah model pembelajaran yang digunakan. Pembelajaran yang efektif untuk pembelajaran yang dilaksanakan dapat menunjang kelanjutan pembelajaran berikutnya.
4. Menyenangkan.
Situasi yang menyenangkan dalam pembelajaran dapat memotivasi siswa untuk memperhatikan pembelajaran, senang untuk belajar sehingga dapat meningkatkan pencapaian tujuan pembelajaran. Menyenangkan juga dapat memotivasi seseorang untuk mau belajar di luar bangku sekolah dengan kata lain senang belajar seumur hidup.
Pembelajaran yang menggunakan model pembelajarn Pakem dapat kita lihat dari dua sisi, yaitu :
1. Dari sisi guru dalam pembelajaran :
a. Aktif, guru aktif :
- Memantau kegiatan belajar siswa.
- Memberi umpan balik
- Mengajukan pertanyaan yang menyenangkan
- Mempertanyakan gagasan siswa.
b. Kreatif, guru :
- Mengembangkan kegiatan yang beragam.
- Membuat alat bantu belajar sederhana.
c. Efektif, pembelajaran :
- Mencapai tujuan pembelajaran.
d. Menyenangkan, pembelajaran :
- Tidak membuat anak takut.
- Takut salah
- Takut ditertawakan
Takut dianggap spele.
2. Dari sisi siswa dalam pembelajaran :
a. Aktif, siswa aktif :
- Bertanya.
- Mengemukakan gagasan.
- Mempertanyakan gagasan orang lain dan gagasannya.
b. Kreatif, siswa :
- Merancang/memuat sesuatu .
- Menulis/mengarang
c. Efektif, siswa :
- Menguasai ketrampilan yang diperlukan.
d. Menyenangkan, Pembelajaran :
- Membuat anak :
Berani membuat/mencoba
Berani bertanya
Berani mengemukan pendapat/gagasan
Berani mempertanyakan gagasan orang lain.
By : Abdul Azis
Guru SDN Andonosari 4 Kec.Tutur Kab. Pasuruan.
Pakem dalam arti suatu model pembelajaran adalah Pembelajaran Aktif Kreatif dan Menyenangkan. Dalam kegiatan pembelajaran dengan model Pakem siswa dapat belajar dengan menyenangkan. Model pembelajaran Pekem terdapat empat unsur di dalamnya antara lain :
1. Aktif.
Belajar merupakan suatu proses aktif dalam membangun makna/pemahaman dari informasi & pengalaman oleh si pembelajar.
2. Kreatif.
Proses pembelajaran harus dapat menumbuhkan sikap kreatif pada diri anak. Anak dilahirkan memiliki rasa ingin tahu dan imajinasi.
4 Efektif.
Pembelajaran dilaksanakan memiliki tujuan yang harus dicapai. Untuk mencapai tujuan tersebut salah satu faktor yang menentukan adalah model pembelajaran yang digunakan. Pembelajaran yang efektif untuk pembelajaran yang dilaksanakan dapat menunjang kelanjutan pembelajaran berikutnya.
4. Menyenangkan.
Situasi yang menyenangkan dalam pembelajaran dapat memotivasi siswa untuk memperhatikan pembelajaran, senang untuk belajar sehingga dapat meningkatkan pencapaian tujuan pembelajaran. Menyenangkan juga dapat memotivasi seseorang untuk mau belajar di luar bangku sekolah dengan kata lain senang belajar seumur hidup.
Pembelajaran yang menggunakan model pembelajarn Pakem dapat kita lihat dari dua sisi, yaitu :
1. Dari sisi guru dalam pembelajaran :
a. Aktif, guru aktif :
- Memantau kegiatan belajar siswa.
- Memberi umpan balik
- Mengajukan pertanyaan yang menyenangkan
- Mempertanyakan gagasan siswa.
b. Kreatif, guru :
- Mengembangkan kegiatan yang beragam.
- Membuat alat bantu belajar sederhana.
c. Efektif, pembelajaran :
- Mencapai tujuan pembelajaran.
d. Menyenangkan, pembelajaran :
- Tidak membuat anak takut.
- Takut salah
- Takut ditertawakan
Takut dianggap spele.
2. Dari sisi siswa dalam pembelajaran :
a. Aktif, siswa aktif :
- Bertanya.
- Mengemukakan gagasan.
- Mempertanyakan gagasan orang lain dan gagasannya.
b. Kreatif, siswa :
- Merancang/memuat sesuatu .
- Menulis/mengarang
c. Efektif, siswa :
- Menguasai ketrampilan yang diperlukan.
d. Menyenangkan, Pembelajaran :
- Membuat anak :
Berani membuat/mencoba
Berani bertanya
Berani mengemukan pendapat/gagasan
Berani mempertanyakan gagasan orang lain.
By : Abdul Azis
Guru SDN Andonosari 4 Kec.Tutur Kab. Pasuruan.
0 Response to "MODEL PEMBELAJARAN PAKEM"
Post a Comment