Selamat datang di BLOGnya Pak Boedi

Wednesday, 18 July 2012

KKN PAR IAIN SUNAN AMPEL

Prof. Dr. Nur Syam, M.Si:


KULIAH KERJA NYATA TRANSFORMATIF

Saya sangat mengapresiasi terhadap model-model baru yang digunakan dalam rangka untuk pengembangan kualitas akademik maupun non akademik yang dilakukan oleh seluruh komponen dari IAIN Sunan Ampel. Semua inovasi hakikatnya adalah usaha yang dilakukan dalam kerangka pengembangan institusi dari berbagai aspeknya.
Makanya ketika LPM dengan segala perangkatnya telah mengembangkan KKN transformatif hingga berkembang seperti sekarang adalah sebuah produk yang harus diapresiasi. Salah satu yang sangat mendasar dari pengembangan KKN di IAIN SA adalah dengan dikembangkannya ke arah yang lebih aplikabel dan sesuai dengan tuntutan pengembangan masyarakat.
Kita tentu sangat beruntung, bahwa sebagai lembaga pendidikan tinggi kita memiliki tridarma perguruan tinggi. Yaitu darma pendidikan dan pengajaran, darma penelitian dan pengabdian masyarakat. Melalui tridarma perguruan tinggi ini, maka secara sistemik bahwa dunia pendidikan tinggi memiliki sistem pendidikan yang memadukan antara dunia akademis dan riset di satu sisi dengan dunia pembangunan atau pengembangan masyarakat di sisi lain. Jadi sesungguhnya kita memiliki sistem yang tidak kalah dengan dunia pendidikan tinggi di luar negeri yang hanya menekankan pada aspek pendidikan dan penelitian.
Melalui darma pengabdian masyarakat, maka produk akademik yang berupa teori ilmiah dan hasil riset akan dapat didayagunakan untuk kepentingan pengembangan masyarakat. Bukankah banyak hasil penelitian terapan atau developmental research yang dapat didayagunakan sebagai konsep atau strategi di dalam pemberdayaan masyarakat. Ada banyak penelitian tentang model pengembangan pendidikan yang aplikatif yang dapat digunakan untuk penguatan pendidikan.
KKN transformatif mulai dikembangkan pada tahun 2003 seirama dengan semakin kuatnya program pemberdayaan masyarakat. Untuk kepentingan pengembangan KKN transformatif, maka dilakukanlah berbagai pilot project di beberapa perguruan tinggi, dan salah satunya adalah IAIN Sunan Ampel. Pasca pemberlakuannya di PTAIN, maka program ini menjadi arus utama di PTAIN. Melalui program KKN transformatif, maka semua dosen dan mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN harus memahami metode Participatory Action Research (PAR). Melalui pemahaman tentang metode ini, maka diharapkan bahwa KKN bagi mahasiswa akan semakin berdaya guna.
Saya harus mengapresiasi terhadap KKN transformatif ini terkait dengan terbitnya buku Pedoman KKN Transformatif IAIN Sunan Ampel yang di dalamnya memuat tentang Laporan KKN Transformatif. Di dalam laporan yang berjudul “Dringgo: Komunitas Pejuang Air” yang ditulis dari hasil pengalaman lapangan sdr. Safinatun Najah, dkk., maka digambatkan bagaimana komunitas tersebut berhasil membangun jaringan pipanisasi air, sehingga mereka dapat mengakses air dengan mudah. Menyimak terhadap laporan Riset Aksi Partisipatoris ini, maka saya merasa sangat lega, sebab ada banyak hal yang selama ini belum terungkap secara jelas menjadi terungkap secara meyakinkan bahwa KKN Trasformatif IAIN Sunan Ampel ternyata memiliki hasil yang sangat baik, terutama dalam pemberdayaan masyarakat. Di dalam laporan tersebut digambarkan bagaimana masyarakat bekerja sama untuk membangun desa dan masyarakatnya melalui cara-cara yang sangat memadai.
Digambarkan bagaimana proses pemberdayaannya, bagaimana partisipasi dibangun, bagaimana pohon masalah harus diuraikan dengan jelas, sehingga pemecahannya akan jauh lebih memadai.
Saya mengapresiasi bagaimana mereka melakukan analisis tentang masalah secara akademis dan kemudian memecahkan masalahnya secara akurat. Saya menyatakan bahwa model yang dikembangkan untuk pemberdayaan masyarakat melalui KKN transformatif ternyata luar biasa.
Oleh karena itu, saya berpandangan bahwa KKN yang didesain dengan sangat baik dan menggunakan metode yang sangat tepat, maka akan dapat menjadi medium yang sangat memadai untuk pengembangan masyarakat.
Wallahu a’lam bi al shawab.

No comments:

Post a Comment

 
Support : Copyright © 2011. MAKALAH PENDIDIKAN INDONESIA - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger